Kamis, 02 Mei 2013

materi internet

1.Email
 a.pengertian Email :Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet.

 b.sejarah email :Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.


 c.manfaat email :1) E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
          2) Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
          3) Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
          4) Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
          5) Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.

d. penyedia jasa email :
1. gmail.com
2. mail.yahoo.com
3. hotmail.com
4. mail.msn.com
5. mail.aol.com
6. mail.aim.com
7. gawab.com
8. inbox.com
9. mail.com
10. mail.telkom.net

2.jasa layanan

a. FTP :FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
b. world wide web :WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.[1]
c. browser :perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet
d. tips berselancar di internet :   1.  Jangan klik langsung link yang Anda terima dalam email. Sebaiknya ketik alamat web langsung ke browser Anda.
   2. Hanya memberikan informasi penting anda ke situs dengan koneksi secure https:// atau jika ikon kunci muncul di bagian bawah jendela browser.
   3. Jangan menanggapi atau membuka kesalahan mencurigakan atau kotak dialog peringatan (pop-up).
   4. Jangan menerima penawaran gratis yang muncul di layar Anda tanpa terlebih dahulu memeriksa untuk memastikan penawaran tersebut sah dan dari sumber yang terpercaya.
   5. Instal update produk dan patch sitem keamanan anti virus anda sebelum menggunakan Internet.  serta update browser Web anda ke versi terbaru dan gunakan web browser"Browser" Apa yang Paling Banyak Dipakai?. Read more ... » yang aman. 
e. etika berinternet :suatu sikap tentang bagaimanakita dalam menggunakan sertamemanfaatkan media internet dansocial network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar